News

Translate this page:

Sertifikasi Pelatihan


Pembangunan/konstruksi dilaksanakan dalam rangka pembangunan manusia seutuhnya dan pembangunan masyarakat seluruhnya untuk mewujudkan masyarakat yang sejahtera, adil, makmur, yang merata, baik materiil maupun spiritual.
Dalam pelaksanaan pembangunan/konstruksi, tenaga kerja mempunyai peranan dan kedudukan yang sangat penting sebagai pelaku dan tujuan pembangunan/konstruksi. Sesuai dengan peranan dan kedudukan tenaga kerja, diperlukan pembangunan ketenagakerjaan untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dan peransertanya dalam pembangunan serta peningkatan perlindungan tenaga kerja dan keluarganya sesuai dengan harkat dan martabat kemanusiaan. Perlindungan terhadap tenaga kerja dimaksudkan untuk menjamin hak hak dasar pekerja/buruh dan menjamin kesamaan kesempatan serta perlakuan tanpa diskriminasi atas dasar apapun untuk mewujudkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya dengan tetap memperhatikan perkembangan kemajuan dunia
usaha.
kompetensi media

Prosedur dan Biaya Dalam Mengajukan Permohonan sertifikasi konstruksi dapat menghubungi via form kontak

Keterkaitan Pemahaman dan Sertifikasi:
1. Ketenagakerjaan adalah segala hal yang berhubungan dengan tenaga kerja pada waktu sebelum, selama, dan sesudah masa kerja.
2. Tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan/atau jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun untuk masyarakat.
3. Pekerja/buruh adalah setiap orang yang bekerja dengan menerima upah atau imbalan dalam bentuk lain.
4. Pemberi kerja adalah orang perseorangan, pengusaha, badan hukum, atau badan-badan lainnya yang mempekerjakan tenaga kerja dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.
5. Pengusaha adalah :
a. orang perseorangan, persekutuan, atau badan hukum yang menjalankan suatu perusahaan milik sendiri;
b. orang perseorangan, persekutuan, atau badan hukum yang secara berdiri sendiri menjalankan perusahaan bukan miliknya;
6. Perusahaan adalah :
a. setiap bentuk usaha yang berbadan hukum atau tidak, milik orang perseorangan, milik persekutuan, atau milik badan hukum, baik milik swasta maupun milik negara yang mempekerjakan pekerja/buruh dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain;
b. usaha-usaha sosial dan usaha-usaha lain yang mempunyai pengurus dan mempekerjakan orang lain dengan membayar upah atau imbalan dalam bentuk lain.
7. Perencanaan tenaga kerja adalah proses penyusunan rencana ketenagakerjaan secara sistematis yang dijadikan dasar dan acuan dalam penyusunan kebijakan, strategi, dan pelaksanaan program pembangunan ketenagakerjaan yang berkesinambungan.
8. Informasi ketenagakerjaan adalah gabungan, rangkaian, dan analisis data yang berbentuk angka yang telah diolah, naskah dan dokumen yang mempunyai arti, nilai dan makna tertentu mengenai ketenagakerjaan.
9. Pelatihan kerja adalah keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan, serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan.
10. Kompetensi kerja adalah kemampuan kerja setiap individu yang mencakup aspek pengetahuan, keterampilan, dan sikap kerja yang sesuai dengan standar yang ditetapkan.
11. Pemagangan adalah bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja/buruh yang lebih berpengalaman, dalam proses produksi barang dan/atau jasa di perusahaan, dalam rangka menguasai keterampilan atau keahlian tertentu.
12. Pelayanan penempatan tenaga kerja adalah kegiatan untuk mempertemukan tenaga kerja dengan pemberi kerja, sehingga tenaga kerja dapat memperoleh pekerjaan yang sesuai dengan bakat, minat, dan kemampuannya, dan pemberi kerja dapat memperoleh tenaga kerja yang sesuai dengan kebutuhannya.
13. Tenaga kerja asing adalah warga negara asing pemegang visa dengan maksud bekerja di wilayah suatu negara bukan asal domilisinya.
14. Perjanjian kerja adalah perjanjian antara pekerja/buruh dengan pengusaha atau pemberi kerja yang memuat syarat syarat kerja, hak, dan kewajiban para pihak.
15. Hubungan kerja adalah hubungan antara pengusaha dengan pekerja/buruh berdasarkan perjanjian kerja, yang mempunyai unsur pekerjaan, upah, dan perintah.
16. Hubungan industrial adalah suatu sistem hubungan yang terbentuk antara para pelaku dalam proses produksi barang dan/atau jasa yang terdiri dari unsur pengusaha, pekerja/buruh, dan pemerintah.
17. Serikat pekerja/serikat buruh adalah organisasi yang dibentuk dari, oleh, dan untuk pekerja/buruh baik di perusahaan maupun di luar perusahaan, yang bersifat bebas, terbuka, mandiri, demokratis, dan bertanggung jawab guna memperjuangkan, membela serta melindungi hak dan kepentingan pekerja/buruh serta meningkatkan kesejahteraan pekerja/buruh dan keluarganya.
18. Lembaga kerja sama bipartit adalah forum komunikasi dan konsultasi mengenai hal-hal yang berkaitan dengan hubungan industrial di satu perusahaan yang anggotanya terdiri dari pengusaha dan serikat pekerja/ serikat buruh yang sudah tercatat instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan atau unsur pekerja/buruh.
19. Lembaga kerja sama tripartit adalah forum komunikasi, konsultasi dan musyawarah tentang masalah ketenagakerjaan yang anggotanya terdiri dari unsur organisasi pengusaha,serikat pekerja/serikat buruh, dan pemerintah.
20. Peraturan perusahaan adalah peraturan yang dibuat secara tertulis oleh pengusaha yang memuat syarat syarat kerja dan tata tertib perusahaan.
21. Perjanjian kerja bersama adalah perjanjian yang merupakan hasil perundingan antara serikat pekerja/serikat buruh atau beberapa serikat pekerja/serikat buruh yang tercatat pada instansi yang bertanggung jawab di bidang ketenagakerjaan dengan pengusaha, atau beberapa pengusaha atau perkumpulan pengusaha yang memuat syarat syarat kerja, hak dan kewajiban kedua belah pihak.
22. Perselisihan hubungan industrial adalah perbedaan pendapat yang mengakibatkan pertentangan antara pengusaha atau gabungan pengusaha dengan pekerja/buruh atau serikat pekerja/serikat buruh karena adanya perselisihan mengenai hak, perselisihan kepentingan, dan perselisihan pemutusan  hubungan kerja serta perselisihan antar serikat pekerja/serikat buruh hanya dalam satu perusahaan.
23. Upah adalah hak pekerja/buruh yang diterima dan dinyatakan dalam bentuk uang sebagai imbalan dari pengusaha atau pemberi kerja kepada pekerja/buruh yang ditetapkan dan dibayarkan menurut suatu perjanjian kerja, kesepakatan, atau peraturan perundang undangan, termasuk tunjangan bagi pekerja/buruh dan keluarganya atas suatu pekerjaan dan/atau jasa yang telah atau akan dilakukan.
24. Kesejahteraan pekerja/buruh adalah suatu pemenuhan kebutuhan dan/atau keperluan yang bersifat jasmaniah dan rohaniah, baik di dalam maupun di luar hubungan kerja, yang secara langsung atau tidak langsung dapat mempertinggi produktivitas kerja dalam lingkungan kerja yang aman dan sehat.
25. Pengawasan ketenagakerjaan adalah kegiatan mengawasi dan menegakkan pelaksanaan peraturan perundang undangan di bidang ketenagakerjaan.
 
LATIHAN SOAL
Hewan yang pertama dilihat dalam gambar tes psikologi kali ini bisa mengungkap kepribadian dirimu
Adapun hewan yang kamu lihat pertama kali akan mengungkap kepribadian dirimu yang dijelaskan lewat hasil tes psikologi sebagaimana dikutip PikiranRakyat-Tasikmalaya dari Cookit 

 
kompetensi
Kali ini, tes kepribadian didasarkan pada teori bahwa warna dapat mempengaruhi emosi dan juga kesehatan, termasuk dari warna pintu.
Dengan tes kepribadian ini, kamu akan dapat lebih mengenal dirimu sendiri melalui apa yang kamu bayangkan tentang ruangan di balik warna pintu tertentu.
Karenanya, untuk mengikuti tes kepribadian berdasarkan warna pintu ini, kamu perlu menggunakan imajinasimu dan menjawab beberapa pertanyaan.
Pada tes kepribadian ini dibuat berdasarkan persepsi warna, terutama warna pintu, yang telah dibuktikan oleh para ilmuwan dapat menunjukkan kepribadian seseorang.
Cara mengerjakan tes kepribadian ini adalah dengan membayangkan dirimu berdiri di depan keempat pintu yang ada dalam gambar.
Kamu pun mencoba untuk masuk ke satu per satu pintu tersebut. Bagaimana perasaanmu saat memasuki masing-masing pintu?
Pertama-tama, bayangkan dirimu membuka pintu berwarna hijau dan kamu melangkah masuk ke dalamnya.
Bagaimana penampilan ruangan di dalam pintu tersebut? Emosi seperti apa yang timbul dalam benakmu saat memasukinya?
Kemudian, kamu mencoba untuk masuk ke pintu kedua, bagaimana perasaanmu ketika berada di dalam? Ingat-ingat jawabannya lalu kembali ke luar.
Kini, kamu memasuki pintu berwarna merah muda. Apa yang ada di sekitarmu saat membuka pintu?
Apakah ruangan tersebut berisi furnitur? Kemudian terkait cahayanya, apakah redup atau terang?
Terakhir, kamu memasuki pintu yang berwarna hitam. Apa yang kamu lihat dan dengar ketika kamu masuk?
Berapa dimensi ruangan tersebut? Apakah lampunya menyala terang?
Menurut empat warna pintu pada tes kepribadian ini akan mengungkapkan perasaan terdalammu saat ini berdasarkan reaksi emosimu terhadap ruangan di tiap pintu.


kompetensi media
Jawaban Hewan yang pertama dilihat dalam gambar tes psikologi kali ini bisa mengungkap kepribadian dirimu
1. Singa
Kamu orang yang sangat mandiri dan mampu memotivasi diri dengan baik.
Kamu juga selalu memiliki argumen untuk dapart meyakinkan orang lain bahwa kamu benar. Terkadang, kamu merasa lebih baik jika sedang menyendiri.
Di sisi lain, kamu juga selalu menjadi sorotan dan menarik perhatian banyak orang dengan karisma yang dimiliki.

2. Gajah
Kamu adalah orang pandai percaya diri. Kamu pun tidak pernah mengambil tindakan sebelum mempertimbangkannya dengan matang.
Semua rekanmu tahu bahwa kamu sangat dapat diandalkan.
Namun terkadang mereka bisa saja menyalahgunakan kebaikanmu.

3. Kuda
Kamu cenderung memiliki karakter yang berubah-ubah.
Sekarang kamu bisa tertawa dan menari, tetapi dalam beberapa menit kemudian, kamu bisa menjadi sangat serius merenungkan beberapa pertanyaan filosofis.
Tapi perlu diketahui bahwa orang lain tidak pernah merasa bosan ketika berada di dekatmu. Sebab, kamu orang yang sangat baik dan murah hati.

4. Anjing
Kamu adalah orang yang ambisius dan tidak akan berhenti sampai kamu dapat mencapai apa yang diinginkan. Sangat sulit untuk mendapatkan kepercayaanmu.
Namun jika seseorang berhasil mendapatkannya, maka dia tidak akan pernah menyesali atas usahanya yang telah dilakukan.
Bagaimanapun, kamu dapat menginspirasi orang lain atas ketekunan yang kamu miliki.

5. Beruang
Kamu adalah orang yang penuh dengan empati. Sangat sulit untuk membuat kamu marah.
Jika seseorang mencoba menyakitimu, kamu pasti akan menjelaskan kepadanya bahwa lebih baik tidak mengganggu kamu.
Orang lain tidak akan ragu untuk mengikutimu, bukan karena takut, tetapi karena mereka hormat kepadamu.
Tetapi, kamu bisa menjadi rentan ketika berada di antara orang-orang yang paling dekat denganmu.
Karena itu, kamu hanya berteman dengan orang-orang yang paling tulus dan baik.

6. Babi
Kamu memiliki kemampuan untuk memecahkan masalah dengan baik.
Kamu mungkin bukan pemimpin di perusahaan, tetapi ketika orang lain membutuhkan nasihat, mereka akan mengandalkanmu.

7. Unta
Kamu seorang penyendiri yang tenang.
Hal yang membuat salut, kamu tidak pernah mencoba untuk pamer atau menonjol dalam sebuah pertemuan.
Itulah sebabnya beberapa orang menganggap kamu cukup membosankan.
Namun, orang terdekatmu dapat melihat potensi jenius sejati dalam dirimu.

8. Jerapah
Kamu orang yang sangat cerdas dengan standar moral yang tinggi.
Kamu juga memiliki kemampuan luar biasa dalam hal mengubah pengalaman hidup apa pun.
Banyak yang memperlakukan kamu sebagai mentor spiritual yang akan selalu mendukung dan memberikan nasihat yang baik.
Selain itu, kamu juga selalu berusaha untuk jujur dan menerima dunia apa adanya, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.
Di situlah letak pesonamu yang sebenarnya.


Jawaban 
Tes kepribadian 4 pintu
1. Pintu Hijau
Ruangan di balik pintu hijau itu menggambarkan masa kecilmu.
Jika saat kamu membayangkan memasuki ruangan tersebut kamu merasa nyaman, itu berarti bahwa kamu memiliki masa kecil yang bahagia dan riang.
Apakah kamu ingin berlama-lama atau menetap di sana? Ini menunjukkan bahwa kamu kekurangan cinta dan perhatian di masa kecilmu.
Jika kamu justru merasa cemas atau jadi memikirkan hal-hal yang tidak menyenangkan, kamu memiliki masalah di masa kecil yang masih menghantuimu hingga kamu dewasa seperti saat ini.

2. Pintu Biru
Ruangan di balik pintu biru akan mengungkapkan kondisi psikologismu saat ini.
Emosi yang dialami di balik pintu biru menggambarkan apa yang sebenarnya kamu rasakan saat ini.
Jika ruangan tersebut rapi, begitu juga pikiranmu.
Kerapian dalam ruangan di balik pintu berwarna biru mewakili ketenanganmu. Jika kamu merasa tidak nyaman, maka kamu perlu mengubah sesuatu.

3. Pintu Merah
Ruangan di balik pintu berwarna merah menggambarkan hubungan dan cinta yang terjalin dengan seseorang dari lawan jenis.
Jika ruangannya besar, hal ini berarti bahwa kamu menginginkan rasa cinta yang romantis dan kuat.
Tetapi jika ruangan itu kecil, maka kamu adalah orang yang sangat sederhana dan sulit bagimu untuk mengungkapkan perasaan terhadap lawan jenis.
Jika ruangannya gelap, maka kekecewaan yang kuat telah terjadi dalam hidupmu atau kamu hanya takut untuk menjalin suatu hubungan.

4. Pintu Hitam
Ruangan di balik pintu hitam menggambarkan emosimu di tempat kerja.
Jika kamu merasa nyaman, kamu telah menemukan dasar dalam pekerjaanmu dan dapat mengejar profesi yang kamu sukai.
Atau, apakah kamu merasa takut atau cemas di ruangan ini?
Jika emosi yang kamu rasakan negatif atau lebih dari itu, kamu mengalami ketakutan, dan kemungkinan besar kamu memiliki masalah dengan pekerjaanmu